Pemondokan Jamaah Haji 2013 (Peta, Qur’ah Maktab dan Rumah)

Peta Pemondokan di MadinahPemondokan atau penginapan jamaah haji di Tanah Suci merupakan salah satu bagian dari pengurusan haji oleh pemerintah. Hal itu menjadi bagian yang tidak kalah pentingnya bagi penyelenggaraan haji pada umumnya.

Pola penentuan pemondokan yang akan ditempati jamaah haji oleh Kementerian Agama (Kemenag) dilakukan dengan cara diundi atau Qur’ah. Hal itu dilakukan untuk menentukan nomor maktab, nomor rumah dan wilayahnya. Pengundian (qurah) ini dilakukan untuk mencegah ketidakadilan. Demikian sebagaimana dikatakan oleh Menteri Agama (Menag), Suryadharma Ali.

Qur’ah dilakukan secara terbuka menggunakan sistem komputerisasi yang dilakukan dengan memberikan perintah proses kepada media yang tersambung dengan sistem aplikasi Qur’ah dan peserta Qur’ah.

“Dari situ akan keluar secara otomatis nomor rumah, nomor pemondokan dan nama maktab. Ada juga kapasitas rumahnya,” jelas Menag pada Selasa (27/8).

Lebih lanjut Suryadharma Ali menjelaskan bahwa pola Qur’ah dibuat untuk mengakomodir aspek pemerataan daerah pada semua maktab secara proporsional sesuai dengan jumlah kloter dan tipe pesawat. Keduanya kemudian disinkronkan dengan keterwakilan kapasitas pesawat pada secara proporsional pada setiap tipe.

Dibawah ini silahkan download (format file Pdf) hasil qurah untuk pemondokan; maktab, rumah dan petanya.

[by Admin Nururrahman]

About these ads

,

  1. #1 by Ahmad on 5 September 2013 - 15:45

    Assalamu’alaikum,terimakasih atas informasi teruptodatenya,dan mohon izin download peta pemondokan haji reguler th 2013 ini,jazakallah
    Wassalamu’alaikum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: