NU-Muhammadiyah Rayakan Lebaran pada 19 Agustus 2012

Metrotvnews.com, Jakarta: Perbedaan penetapan awal Ramadan nampaknya tak akan terjadi pada penetapan Idul Fitri. Sebab, 1 Syawal 1433 Hijriah diperkirakan jatuh pada 19 Agustus mendatang.

“Idul Fitri sama, yaitu tanggal 19 Agustus karena pada tanggal 17 Agustus posisi hilal masih di bawah ufuk. Maka bulan baru tanggal 1 Syawal 1433 H jatuh pada lusa harinya yaitu tanggal 19 Agustus,” kata salah satu pimpinan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Marifat Iman KH di Jakarta, Ahad (22/7).

Sebelumnya, Ketua PMI Jusuf Kalla menyatakan lebaran Idul Fitri 1 Syawal akan jatuh pada 19 Agustus akan bersamaan dirayakan umat Islam.

Marifat Iman yang juga anggota Komisi Fatwa MUI Pusat menegaskan, posisi hilal seperti itu semua umat Islam Indonesia sepakat untuk menetapkan awal bulan lusa harinya.

Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Kiai Masdar F Masudi juga senada. Menurutnya kalender NU menetapkan awal 1 Syawal sama pada 19 Agustus 2012. “Sebenarnya NU juga mempunyai hitungan hisab yang diperkokoh dengan rukyat atau melihat hilal atau bulan itu,” kata Masdar F Masudi saat dihubungi.

Hemat dia, kebersamaan menentukan 1 Syawal ini baik karena tidak membingungkan umat. “Ya intinya baguslah kalau ada kesamaan sehingga tidak ada perbedaan,” pungkasnya.(MI/TII)

Sumber : metrotvnews.com

 

 

 

Advertisements

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: